12 Mahasiswa PTN Terancam Drop Out.. Ya Sutralah..So what gitu loh?

Posted on October 22, 2008. Filed under: Jurnal Intelektual, The Human-power, The Hybrid-theory | Tags: , , , , , , , , , , , |

Hmm judulnya kok sadis sih.. Mahasiswa terancam DO, bukan dibantu malah “ya sutralah, so what gitu loh”.. lah emang mau apa?

Ini awalnya Info dari milis, saya mendapatkan informasi permintaan donasi. Klub santri peduli menginformasikan mengenai kesulitan “12 Mahasiswa UPI Bandung” yang terancam dikeluarkan.Dari sini lah diskusi berawal.

Bagi yang belum tau, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah IKIP Bandung yang berubah nama. Ya, artinya NEGERI. nah, dulu, PTN menjadi tempat mahasiswa miskin utk berharap bisa kuliah. Namun sekarang, wuih sama mahalnya dengan swasta, bahkan lebih mahal. Nah, kembali ke informasi, berikut informasinya :

12 Mahasiswa Baru UPI Bandung Terancam Dikeluarkan
19 Oktober 2008 » Jurnal

Klab Santri Peduli : Tak dapat dipungkiri bahwa pendidikan merupakan aset penting untuk dijadikan senjata pengokoh bangsa ini. Namun, pada kenyataannya banyak elemen di negara ini yang mengabaikan hal tersebut dan tak mempedulikannya. Termasuk birokrat-birokrat pemerintah atau lembaga-lembaga yang diamanahi mengurus kependidikan, nampak seperti tidak pro terhadap majunya kependidikan di negara ini.

Banyak pemuda-pemudi potensial di negara ini yang mempunyai harapan tinggi dapat meneguk manisnya ilmu di bangku-bangku pendidikan, namun harus rela menggugurkan harapan-harapannya karena berbenturan dengan biaya yang melangit dan rumitnya kebijakan yang mengaturnya. Sehingga sangat sulit untuk mendapatkan keringanan biaya, bahkan untuk dapat biaya pendidikan gratis. Seolah ada anggapan bahwa pendidikan hanya untuk orang kaya saja.

Salah satu masalah yang terjadi sekarang adalah permasalahan 12 mahasiswa baru di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Mereka belum membayar biaya registrasi masuk Universitas. Satu alasan mereka, miskin, dan kondisi itu tidaklah mereka inginkan. Pada awalnya, mereka berjumlah sekitar 50 orang. Namun, sebagian besar telah putus harapan. Sekarang yang tersisa tinggal 12 orang.

Mahasiswa baru yang berjumlah 12 orang ini belum mempunyai status resmi sebagai mahasiswa karena masih berstatus penangguhan. Selain itu, tenggat waktu pembayaran yang diberikan oleh pihak kampus ialah sampai tanggal 30 Oktober 2008. Namun, permasalahan timbul saat mahasiswa tidak mampu melunasi itu karena kondisi ekonomi tidak memungkinkan.

***

1. Asep Rahmat. Mahasiswa baru asal Cianjur ini tidak mengikuti perkuliahan semenjak memasuki awal perkuliahan 2008/2009 karena belum memiliki Nomor Induk Mahasiswa (NIM) disebabkan belum melunasi biaya registrasi dan tidak menandatangani kesepakatan dengan rektorat untuk melunasi bayaran pada tanggal 30 oktober 2008. Di Bandung tidak memiliki rumah dan tinggal menumpang di rumah saudaranya. Orangtuanya kurang menyanggupi untuk memberikan uang saku. Asep sehari-harinya mencari penghidupan dengan “bantu-bantu” saudaranya di tempat ia menumpang dan di DKM masjid sekitar. Terkadang mencari kerja sampingan pula. Penghasilan orangtuanya Rp. 20.000,-/hari. Salah satu prestasi Asep ialah ikut serta sebagai peserta kegiatan Olimpiade Fisika Indonesia tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur pada tanggal 18 April 2006. Asep masuk UPI melalui jalur PMDK dan mengambil jurusan Teknik Elektro. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.350.000,-.

2. Abdul Kalim. Mahasiswa baru asal Indramayu. Untuk mencukupi kebutuhan pangan selama awal perkuliahan yang tepat pada bulan Ramadhan, Abdul hanya melakukannya pada saat sahur dan buka puasa gratis di sebuah masjid karena tidak memiliki cukup uang untuk makan. Selama masa perkuliahan, Asep menumpang di kost-an kakak kelas se-SMA-nya karena tidak memiliki cukup biaya untuk menyewa kost. Ayahnya sudah tidak membiayai hidup sehari-harinya lagi karena penghasilan yang pas-pasan, yaitu Rp. 200.000,-/bulan sebagai buruh tani. Salah satu prestasinya ialah sebagai juara III anggota tim bina vokal SMAN 1 Anjatan dalam lomba karya cipta lagu dan menyanyikan lagu hymne dan mars Indramayu remaja pada bulan Juli 2008. Abdul masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Seni Musik. Biaya yang dibutuhkan Rp. 6.038.000,-.

3. Citra Maulida Fitriyani. Mahasiswi baru asal Bandung. Prestasinya yaitu lulus ujian dengan mendapatkan nilai tinggi dengan hasil 24, 27 dari 3 mata pelajaran. Citra masuk UPI melalui jalur UM dan mengambil jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.408.000,-.

4. Mira Komalasari. Mahasiswi baru berasal dari Bandung. Ayahnya bekerja sebagai sopir di rumah makan Wibisana Bandung. Penghasilan orangtuanya Rp. 600.000,-/bulan. Mira masuk UPI melalui jalur PMDK dan mengambil jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.888.000,-.

5. Kaehan Fatimah Azhariyah. Mahasiswi baru yang beralamat di Cihampelas Bandung. Orangtuanya bekerja sebagai pedagang kecil dengan penghasilan Rp. 1.000.000,-/bulan. Kaehan adalah anak kedua dari sembilan bersaudara. Kaehan mendapat uang saku perhari dari orangtua sebesar Rp. 5000,- dan hanya cukup untuk ongkos pergi pulang Cihampeas – UPI. Kaehan masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Manajemen Bisnis. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.538.000,-.

6. Siti Syabibah Nurul Amalina. Mahasiswi baru yang beralamat di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ayahnya bekerja sebagai pedagang bubur dengan penghasilan Rp. 1.000.000,-/bulan. Siti adalah anak pertama dari empat bersaudara. Uang saku perhari dari orangtuanya sebesar Rp. 10.000,- dan hanya cukup untuk ongkos pergi pulang Lembang – UPI. Siti masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Bimbingan dan Konseling. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.538.000,-.

7. Anita Komala Dewi. Mahasiswi baru yang berasal dari daerah Rancaekek Bandung. Ayahnya sebagai pegawai swasta namun sudah putus kerja. Ibunya sebagai guru SD. Anita masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.780.000,-.

8. Faizal Nurkarim. Mahasiswa baru yang berasal dari Garut. Sejak memasuki masa perkuliahan, Faizal menumpang tinggal di rumah saudaranya di daerah Ciwastra Bandung karena tidak sanggup untuk menyewa kost-an. Orangtua Faizal bekerja sebagai pegawai yayasan. Faizal adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Penghasilan orangtua Faizal yaitu Rp. 1.000.000,-/bulan. Faizal masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.888.000,-.

9. Astri Mustikawati. Mahasiswi baru yang berasal dari daerah Garut. Ayahnya seorang wiraswasta dengan penghasilan Rp. 800.000,-/bulan. Untuk memenuhi segala macam kebutuhannya saat ini, Astri harus mengoptimalkan uang saku yang berjumlah Rp. 50.000,-/bulan. Astri masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.778.000,-.

10. Rini Wulandari. Mahasiswi baru yang berasal daerah Kiaracondong Bandung. Ayahnya bekerja sebagai pedagang bakso keliling dengan penghasilan Rp. 600.000,-/bulan. Rini adalah anak pertama dari empat bersaudara. Perharinya Rini mendapat uang saku Rp. 8.000,- dan hanya cukup untuk ongkos pergi pulang Cicaheum – Ledeng. Rini masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Ekonomi Koperasi. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.538.000,-.

11. Lalitya Dwi Rahmani. Mahasiswi baru yang berasal dari daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ayahnya bekerja sebagai wiraswasta (kadang-kadang narik ojek) dengan penghasilan Rp. 30.000,-/hari. Lalitya masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Seni Rupa. Biaya yang dibutuhkan Rp. 6.038.000,-.

12. Andi Sopandi. Pria asal Ciamis ini sudah tidak disubsidi lagi oleh orangtuanya sejak SMA. Hidupnya terkatung-katung, ia tidak memiliki rumah, baik di Ciamis maupun di Bandung. Sosok pekerja keras ini, mengumpulkan uang dari aktivitasnya sehari-hari mengajar les Matematika. Andi Sopandi hanyalah anak buruh tani biasa, dan ia tidak sanggup melunasi biaya kuliahnya. Andi masuk UPI melalui jalur SNMPTN dan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Sunda. Biaya yang dibutuhkan Rp. 5.538.000,-.

***

12 mahasiswa baru di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tidak sanggup membayar biaya registrasi, membuat surat perjanjian di atas materai Rp. 6000,- dengan pihak kampus untuk penangguhan biaya. Isi surat itu adalah, “… Apabila pada tanggal yang telah disepakati (30 Oktober 2008) tidak dapat melunasi biaya pendidikan tersebut, kami siap menanggung resiko sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.” Hal ini sudah tidak bisa diganggu gugat, dan sudah harga mati bagi mahasiswa baru.

Melihat realitas, kondisi ekonomi mahasiswa baru dan orangtuanya, tidak memungkinkan untuk memenuhi pelunasan dalam tenggat waktu yang diberikan kampus. Lalu, apakah harapan-harapan mereka akan pupus? Lantas apa kita akan berdiam diri saja melihat itu? Masih adakah elemen-elemen di bangsa ini yang peduli pendidikan?

***

Transfer Donasi

* Bank Syariah Mandiri – No. Rek. 0070176318 – A.N. Klab Santri Peduli
* Bank Central Asia (BCA) – No. Rek. 4381168624 – A.N. Dudung Kurnia Sundana
* Bank Mandiri – No. Rek. 132-00-0473817-6 – A.N. Dudung Kurnia Sundana
* Bank Muamalat Indonesia – No. Rek. : 103.02635.20 – A.N. : Dudung Kurnia Sundana
* Bank Permata Syariah – No. Rek. : 377.000.637.5 – A.N. : Dudung Kurnia Sundana
* BNI Syariah – No. Rek. : 0092531159 – A.N. : Dudung Kurnia Sundana
* E-Gold – http://3872071.e-gold.com/ – KotaSantri.com)
* Money Gram / Western Union – Bagi yang tinggal di luar Indonesia dan ingin turut berpartisipasi, silahkan transfer melalui Money Gram / Western Union. Untuk info lengkap, silahkan hubungi KotaSantri.com.

Bagi donatur yang telah mentransfer donasinya, agar konfirmasi melalui e-mail : ksp [at] kotasantri [dot] org atau SMS ke 0817434686. Tuliskan subjek e-mail atau awal kalimat SMS dengan kode KSP -spasi- Prestatif -spasi- Nama -spasi- Alamat/Kota -spasi- Jumlah Donasi -spasi- Nama Bank Tujuan.

Jika tidak ingin konfirmasi, maka untuk mempermudah proses pengecekan dana yang ditransfer, dimohon agar melebihkan Rp. 10,- (mencantumkan angka 10 di belakang jumlah nominal) dari jumlah dana yang ditransfer.

***

Oke, setelah membaca, apa yang Anda lakukan? Miris dan mau nyumbang? Miris, geleng-geleng kepala dan tidak menyumbang? atau yang ketiga, mencoba menganalisis dari sudut pandang lain, kecuali sudut pandang getir yg dialami 12 orang ini.

Saya memilih yang ketiga. Pertanyaan saya pertama, loh, memangnya dengan membayar 5 jutaan itu, masalah beres? tidak. Anda butuh duit untuk semester2 berikutnya. Anda butuh duit transport, kos, fotokopi. Anda kuliah S1 lima tahun dan bisa lebih. Ngga cukup 5 juta itu. Lalu, dibalas, oke kerja. Ya kerja banting tulang, akhirnya kuliah terbengkalai. Ya minimal tidak bisa top at the class lah. belum kalau akhirnya nyasar jadi “aktivis” ya susah.

Lalu, mengapa harus ngotot di PTN ? Kalau dibaca, 12 orang ini hanya dua orang kira2 mengambil jurusan yg aplikatif. Sisanya idealis, mengambil jurusan2 yang kurang diserap pasar, dengan mengorbankan realita. Kekurangan uang tersebut juga sudah hitam diatas putih akan dikeluarkan. Itu juga disetujui sama si mahasiswa. Ya, dengan harapan akan ada bantuan. Moksoin diri buat masuk UPI, dengan berharap bantuan dana nantinya.

FYI, teman2 saya beberapa drop out dari UI dan IPB. NO problemo. Bisa kul sambil kerja, bisa bantu ortu. Bukan malah pusing buat bayar kuliah. Lalu, apakah mereka tidak intelek? No no.. intelektualitas bisa dilihat dari hasil kerja, cara kerja, cara berkomunikasi, berbicara, menganalisis masalah dan menghasilak sesuatu dengan indah dan inovatif. Banyak cara, selain dengan menunjukkan Ijazah PTN Favorit. Ada-ada aja.

Ekstremnya, saya nggak akan mau nyumbang dana. mengapa? Sebab dengan menyumbang maka seperti memberikan papan untuk melintasi saluran air, sedangkan didepan saluran air ada sungai yang dalam. Artinya, ini lubang kecil, nanti jurang yang dihadapi. Butuh dana besar. Sangat baik apabila “dana untuk pendidikan” disumbangkan ke Pendidikan Dasar dan Menengah. Ya minimal untuk siswa SMK yang kurang mampu. Sebab SMK mendidik untuk memiliki kompetensi. Adakah kompetensi dicapai hanya dengan meraih gelar sarjana? Hari ini, di negara yang miskin ini, kita harus introspeksi, sadar bahwa beginilah perjuangan.

Kalau judulnya, 12 Siswa terancam Drop Out karena belum bayar Uang Sekolah/SPP, prioritas dibantunya tentu lebih tinggi. Sekolah hingga tamat itu WAJIB tapi kuliah apalagi buat ngejar S1, itu OPTIONAL.

Btw, kalau memang mau kul, ada temen merekomendasikan kuliah murah di websitenya. Ini nih. Silakan dicek-cek deh, baru putuskan mau kuliah. Saya pikir, UPI juga udah ngasih tau kan biaya2 kuliah itu berapa? Masih mau ngotot SNMPTN, UM dan atau apa namanya untuk kuliah negeri? Apa karena ikut2an, hehe.. ini seperti saya dulu, ikut2an SPMB tapi ya diterima dan orangtua Alhamdulillah sih mampu, kemudian kejar beasiswa sana sini dan lulus deh..ini aja masih nyesel soalnya kenapa ga sambil kerja dulu atau kerja dulu karena liat itungan waktu (tahun) rugi waktu banget deh..

Silakan direnungkan, Wassalam.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “12 Mahasiswa PTN Terancam Drop Out.. Ya Sutralah..So what gitu loh?”

RSS Feed for The Unggul Center Comments RSS Feed

Sungguh edang…pendidikan di Indonesia…katax biaya pendidikan bisa diperoleh siapa saja..kok,..orang tak punya…dibiarkan melarat……..sudah melarat di kerot lagi…..


Where's The Comment Form?

    About

    Just Another “Cerdik Cendikia” Center wannabe like The Habibie Center, Mega Center, Amien Rais Center, Nurcholis Madjid Institute, Akbar Tanjung Institute, Wahid Institute, Syafii Maarif Institute dan seterusnya..

    RSS

    Subscribe Via RSS

    • Subscribe with Bloglines
    • Add your feed to Newsburst from CNET News.com
    • Subscribe in Google Reader
    • Add to My Yahoo!
    • Subscribe in NewsGator Online
    • The latest comments to all posts in RSS

    Meta

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: